Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server

Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server.

Web Server dan Fungsi Web Server. Untuk seorang pemula yang baru mengenal dunia komputer pasti akan bertanya tanya apakah yang dimaksud dengan web server itu. Web server atau biasa disebut server merupakan sebuah software yang bertugas memberikan layanan berbasis data. Web server juga bekerja dengan menerima permintaan dari HTTP maupun HTTPS dari klien yang terhubung ke server melalui sebuah software web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dll. Kemudian mengirimkan kembali ke klien dalam bentuk HTML.

Untuk menjalankan web server pada komputer yang berjalan di sistem operasi Windows, pengguna di haruskan menginstall software XAMPP. Kepanjangan dari XAMPP adalah Apache, PHP, Mysql dan PhpMyadmin. Untuk menginstall XAMPP di komputer tidak perlu banyak melakukan konfigurasi, karena XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasi secara otomatis pada server. Untuk mendapatkan software XAMPP terbaru anda dapat mendownload-nya di bawah ini.

  • https://www.apachefriends.org/index.html
Paket software yang terdapat di dalam bundling XAMPP adalah sebagai berikut ;
  1. PHP
  2. MariaDB
  3. Apache
  4. PhpMyAdmin
  5. OpenSSL
  6. XAMPP Control Panel
  7. Webalizer
  8. FileZilla FTP Server
  9. Mercury Mail Transport System
  10. Tomcat
  11. Strawberry 
Fungsi Web Server Web server berfungsi untuk melakukan atau mentransfer berkas yang di minta oleh klien melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. Komputer klien dapat merequest ke server melalui halaman web browser dalambentuk berkas teks, video, file, gambar, dan banyak lagi. Contoh dari web server yang paling banyak digunakan adalah Apache (Apache Web Server - The HTTP Web Server). Awal munculnya Apache di desain dari sistem operasi UNIX. Apache sendiri memiliki program pendukung yang banyak, sehingga memberikan layanan yang lengkap pada penggunanya. Berikut ini adalah beberapa hal yang di dukung oleh Apache;
  1. PHP (Personal Home Page atau PHP Hypertext Processor). Program ini bekerja seperti metode CGI, bertugas untuk memproses text pada komputer server. Di dalam server Apache, PHP juga didukung dalam salah satu modulnya yaitu (mod_php).
  2. Kontrol Akses. Dalam melakukan kontrol akses Apache juga menempatkan Perl (Practical Extraction and Report Language) dalam modulnya yaitu mod_perl.
  3. SSI atau (Server Side Includes) 

Kelebihan yang dimiliki Web Server Apache.

  1. Web server Apache merupakan software web server yang bersifat freeware.
  2. Mudah dalam proses instalasi di komputer.
  3. Apache dapat beroperasi di berbagai platform sistem operasi
  4. Mudah dalam pengaturan konfigurasi, karena Apache hanya mempunyai empat file konfigurasi.
  5. Sangat mudah untuk menambahkan peripheral lainya ke dalam platform web servernya. 

Macam-macam Web Server.

1. Zeus Web Server
2. Lighttpd
3. Apache Tomcat
4. Xitami Web Server
5. Sun Java System Web Server
6. Microsoft Windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)

0 Response to "Pengertian Web Server dan Fungsi Web Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel