Teori Yang Menyatakan Tentang Bentuk Permukaan Bumi

Teori Yang Menyatakan Tentang Bentuk Permukaan Bumi.

Teori Bentuk Permukaan Bumi. Artikel ini akan membahas tentang Teori Yang Menyatakan Tentang Bentuk Permukaan Bumi, Pada umumnya bentuk bumi adalah bulat seperti bola. Jadi, permukaan tanahnya tidak rata. Permukaan bumi dibagi menjadi dua yaitu berupa daratan dan lautan yang membentang sangat luas. Lebih dari dua pertiga permukaan bumi berupa perairan. Satu pertiga permukaan bumi berupa daratan.

Daratan.

Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi oleh air. Kebanyakan makhluk hidup tinggal di daratan. Daratan yang sangat luas disebut benua, sedangkan daratan yang kecil disebut pulau. Di bumi benua dibagi menjadi lima yaitu Asia, Afrika, Amerika, Australia dan Eropa. Daratan terdiri atas:
  1. Pegunungan.Pegunungan adalah permukaan bumi yang paling tinggi. Pegunungan biasanya memiliki banyak gunung. Gunung adalah permukaan bumi yang berbentuk kerucut dan menjulang ke atas. Pegunungan tertinggi di dunia adalah Pegunungan Himalaya di Tibet, Nepal. Sedangkan gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest yang memiliki ketinggian 8.863 meter.
  2. Dataran.Dataran adalah daratan yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda dari tempat satu ke tempat lain. Dataran dibagi menjadi dua yaitu dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi adalah dataran yang terletak di antara gunung-gunung dan kondisi tanahnya berjurang. Contohnya dataran tinggi Dieng. Dataran rendah adalah dataran yang terdapat di pantai. Contohnya Pantai Utara Jawa.
  3. Perbukitan.Bukit adalah daratan yang memiliki ketinggian di bawah gunung. Perbukitan adalah daerah yang memiliki banyak bukit-bukit. Contohnya daerah Bukittinggi di Sumatra.
  4. Lembah.Lembah adalah dataran yang sangat rendah. Umumnya lembah terdapat di kaki gunung, memiliki sungai dan bentuknya menjulang tinggi ke atas. Ada lembah yang dalam, sempit dan dindingnya curam disebut jurang. Sedangkan lembah yang dalam dan luas diantara dua dinding yang curam disebut ngarai.

Lautan.

Di dalam permukaan bumi selain ada daratan juga terdapat lautan. Permukaan bumi yang memiliki wilayah air sangat luas disebut lautan. Ciri-ciri permukaan perairan adalah berbentuk sebaran air yang sangat luas, dasar laut tidak rata dan sebagai tempat tinggal bagi makhluk hidup yang hidup di air. Wilayah lautan terdiri atas:
  • Laut adalah cekungan yang sangat dalam dan berisi air.
  • Selat adalah lautan yang sempit di antara pulau-pulau.
  • Samudra adalah lautan yang sangat luas dan dalam.
  • Teluk adalah lautan yang menjorok ke dalam.
  • Palung adalah jurang yang sangat curam dan dalam terdapat di dasar laut.
  • Pantai adalah batas antara daratan dan lautan.

Bukti Bumi Bulat.

Permukaan bumi dapat digambarkan melalui peta dan globe. Globe adalah tiruan bumi yang berbentuk sepeti bola. Berikut merupakan bukti bahwa bumi itu bulat.

  • Jika berlayar terus ke satu arah, maka akhirnya kita akan kembali ke tempat semula kita mulai berlayar.
  • Dari foto yang diambil dari satelit buatan yang letaknya jauh di ruang angksa yang menjukkan bahwa bumi itu bulat.
  • Jika kita melihat kapal laut saat berlayar, maka yang mula-mula lenyap dari pandangan kita adalah badan kapal kemudian tiang-tiangnya dan lama kelamaan seluruh badan kapal akan hilang dari pandangan kita.
  • Pada waktu matahari akan terbit, awan dan gunung-gunung di sebelah timur sudah nampak terang, sedangkan yang di sebelah barat masih nampak gelap.
Sebenarnya menurut para ahli bentuk permukaan bumi tidak sepenuhnya bulat, tetapi bulat pepat atau bulat sedikit rata pada kedua kutubnya. Demikian artikel tentangTeori Yang Menyatakan Tentang Bentuk Permukaan Bumi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Teori Yang Menyatakan Tentang Bentuk Permukaan Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel