Macam - Macam Benda Padat, Cair Dan Gas Disekitar Kita (Beserta Perubahan Sifat)

Macam - Macam Benda Padat, Cair Dan Gas Disekitar Kita (Beserta Perubahan Sifat)

Macam Benda Padat, Cair dan Gas. Artikel berikut ini akan menjelaskan beberapa Macam Benda Padat, Cair Dan Gas Disekitar Kita, Benda sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Meja dan kursi adalah contoh dari benda padat. Air putih dan susu contoh dari benda cair, sedangkan balon dan ban motor adalah benda yang dapat diisi oleh gas. Semua jenis benda memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Yang membedakan adalah dari bentuk, wujud, warna serta bau.

Wujud dan Sifat Benda.

1. Benda Padat.
Dalam lingkungan sekitar benda padat sangat banyak dan beragam jenisnya, seperti meja, kursi, jam, almari dan sebagainya. Benda padat yaitu segala jenis benda yang tampak dan memiliki bentuk padat. Benda padat dapat kita rasakan dengan tangan kita, karena benda padat dapat disentuh dan dipegang.
Sifat-sifatnya adalah:
  • Ukurannya tetap.
  • Bentuknya bisa diubah ketika benda tersebut dipukul.
  • Tidak dapat mengalir.
2. Benda Cair
Benda cair adalah segala jenis benda yang tampak dan memiliki bentuk cair. Misalnya, air putih, teh, minyak goreng dan sebagainya. Benda cair juga dapat dirasakan tetapi tidak dapat disentuh oleh tangan kita karena bentuknya yang cair.
Sifat-sifatnya adalah:
  • Bentuknya tidak tetap, sesuai tempatnya.
  • Dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah.
  • Memiliki volume tetap.
  • Memiliki daya kapilaritas. Dapat meresap melalui celah-celah yang kecil.
3) Benda Gas
Benda gas adalah segala jenis benda yang tak tampak. Seperti, balon, ban sepeda dan udara. Manusia dan hewan bernapas dari udara yang disebut gas oksigen. Gas tersebut tidak dapat dilihat dan disentuh oleh makhluk hidup. Jadi, benda gas tak bias dilihat dan dirasakan.
Sifat-sifatnya adalah:
  • Bentuknya berubah, sesuai wadahnya.
  • Memiliki volume, meskipun benda gas tidak bias dilihat dan disentuh.
  • Menempati semua ruang.

Perubahan Sifat Benda.

Semua jenis benda akan mengalami perubahan sifat yang berbeda. Sebuah es batu jika didiamkan ditempat terbuka lama-kelamaan akan meleleh sehingga bentuknya akan berubah menjadi air. Begitu pula dengan bensin pada motor, jika motor terus digunakan lama-kelaman bensin juga akan habis dan harus diisi lagi supaya motor dapat digunakan lagi.

  1. Perubahan Sifat Benda karena dipanaskan. Alkohol dan air umumnya akan menguap dan berubah menjadi gas jika benda tersebut dipanaskan. Benda-benda yang dipanaskan akan dapat merubah bentuk, warna dan rasa benda tersebut.
    • Bentuk benda akan berubah setelah dipanaskan. Contohnya lilin akan meleleh jika dipanaskan dan akan berubah menjadi cair, mentega juga jika dipanaskan akan berubah menjadi minyak goreng cair.
    • Warna suatu benda akan berubah setelah dipanaskan. Contohnya tempe akan berubah setelah dipanaskan dengan cara digoreng.
    • Rasa suatu benda akan berubah setelah dipanaskan. Contohnya beras dan air jika dipanaskan akan berubah menjadi sebauh nasi. Beras dan nasi memiliki rasa yng berbeda.
  2. Perubahan Sifat Benda karena dibakar. Umumnya sebuah benda yang dibakar akan menimbulkan api dan panas. Contohnya lilin jika dibakar akan menimbulkan api dan panas sehingga lama-kelamaan lilin tersebut akan habis. Benda-benda yang bakar akan dapat merubah bentuk, warna dan rasa benda tersebut.
    • Bentuk benda akan berubah setelah dibakar. Contohnya dedaunan jika dibakar akan berubah menjadi abu.
    • Warna benda akan berubah setelah dibakar. Contohnya makanan sate jika dibakar warnanya akan berubah. Yang semula berwarna merah, setelah dibakar akan berubah menjadi warna coklat ke hitaman.
    • Rasa benda akan berubah setelah dibakar. Contohnya ikan yang dibakar akan berubah rasanya menjadi enak.
  3. Perubahan Sifat Benda karena dibiarkan di tempat terbuka. Benda yang dipanaskan dan dibakar umumnya akan berubah bentuk, warna dan juga rasa, tetapi benda yang dibiarkan di udara hanya mengalami peubahan bentuk saja. Contohnya segala jenis es akan mencair jika dibiarkan di tempat terbuka, parfum lama-kelamaan akan habis jika tidak di tutup.

0 Response to "Macam - Macam Benda Padat, Cair Dan Gas Disekitar Kita (Beserta Perubahan Sifat)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel