Teori dan Pengertian Tentang Identifikasi Makhluk Hidup

Teori dan Pengertian Tentang Identifikasi Makhluk Hidup.

Identifikasi Makhluk Hidup. Salam jumpa kembali di sekolahjos, kali ini kami akan menyampaikan materiTeori dan Pengertian Tentang Identifikasi Makhluk Hidup,Di dunia ini terdapat makhluk hidup dan benda mati yang terdapat di bumi. Makhluk hidup adalah segala sesuatu yang dapat bergerak dan bernapas. Sedangkan benda mati adalah benda yang tidak dapat bergerak dan tidak membutuhkan pernapasan. Makhluk hidup itu sendiri seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup.

    Bergerak.Semua makhluk hidup bergerak untuk mencari makan. Makhluk hidup bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia bergerak dengan berjalan menggunakan dua kaki. Hewan bergerak ada yang menggunakan kaki, perut bahkan sayap. Contoh hewan yang bergerak dengan perut salah satunya adalah ular sedangkan yang menggunakan sayap adalah burung. Selain manusia dan hewan, tumbuhan juga bisa bergerak tetapi tidak berpindah tempat. Tumbuhan bergerak menuju datangya arah cahaya.
Bernapas.Bernapas adalah menghirup udara oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Semua makhluk hidup sangat membutuhkan oksigen karena oksigen dapat membantu tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Sehingga zat makanan tersebut akan berubah menjadi energi atau tenaga. Memerlukan Makanan.Makhluk hidup memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Tanpa makanan makhluk hidup bisa lemas dan lama-kelamaan akan mati. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh makhluk hidup. Dengan adanya sumber energi, maka makhluk hidup bisa bergerak mencari makanan. Bertumbuh.Makhluk hidup akan mengalami pertumbuhan baik manusia, hewan bahkan tumbuhan. Bertumbuh berarti ada perubahan dari kecil sampai besar. Manusia dan hewan bertumbuh dengan ditandai pertumbuhan tinggi dan berat tubuh. Sedangkan pertumbuhan pada tumbuhan yaitu ditandai semakin tinggi dan besar batang pohon, daunnya bertambah banyak dan semakin besar-besar. Berkembang Biak.Berkembang biak yaitu memiliki keturunan. Tujuan makhluk hidup untuk berkembang biak adalah untuk melestarikan dan mempertahankan jenisnya supaya dari tahun ke tahun jenisnya akan tetap ada tidak punah dimakan zaman. Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda, ada yang beranak, bertelur, berbiji dan bertunas.

Kebutuhan Makhluk Hidup.

Rata-rata makhluk hidup memiliki kebutuhan yang sama, seperti membutuhkan makan, minum dan sebagainya. Berikut merupakan kebutuhan makhluk hidup:
  1. Makanan.Makanan dan minuman merupakan sumber energi atau tenaga bagi makhluk hidup. Tidak hanya manusia dan hewan saja tetapi tumbuhan juga memerlukan makan dan minum. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui karbon dioksida, air dan cahaya matahari.
  2. Air.Air sangat berguna untuk melarutkan zat-zat makanan yang terdapat di dalam tubuh. Jika manusia kekurangan air (cairan) akan mengalami dehidrasi. Tumbuhan juga akan subur jika ada air. Pada musim kemarau banyak tumbuhan yang mati akibat kekeringan.
  3. Udara.Udara sangat dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas. Tanpa udara makhluk hidup tidak akan bisa bertahan. Makhluk hidup bernapas dengan menghirup oksigen. Oksigen sangat perlukan tubuh untuk proses pembakaran zat makanan.
  4. Tempat Hidup.Semua makhluk hidup memerlukan tempat hidup untuk tempat tinggal dan untuk menjalani hidupnya. Manusia membutuhkan tempat tinggal untuk tidur, berteduh dari hujan dan teriknya matahari. Sedangkan hewan untuk melindungi diri dari cuaca apapun, serta ancaman dari hewan lain.
Demikian artikelTeori dan Pengertian Tentang Identifikasi Makhluk Hidup, semoga bermanfaat,

0 Response to "Teori dan Pengertian Tentang Identifikasi Makhluk Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel