Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Drive Hard Disk Windows dengan Perintah Diskpart.

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Drive Hard Disk Windows dengan Perintah Diskpart.

Menyembunyikan Hard disk Windows. Untuk alasan suatu hal mungkin anda ingin menyembunyikan drive hard disk yang terdapat di windows explorer komputer windows anda. Misalkan, komputer atau laptop anda akan dipinjam oleh orang lain. Namun anda tidak ingin mereka melihat dan mengakses file dan data yang tersimpan pada hard disk komputer anda tersebut. Atau bahkan karena suatu hal yang tidak kita inginkan terjadi pada system komputer yang menyebabkan drive pada hard disk tersebut tiba-tiba hilang. Biasanya hal ini disebabkan karena ulah sebuah virus yang mengacau system windows komputer anda. Untuk menyembunyikan dan menampilkan kembali drive yang sudah ter-partisi pada komputer windows sangatlah mudah. Terdapat berbagai macam cara untuk melakukan hal ini. Perintah ini sebenarnya hanya memanipulasi sistem windows dengan membuka command prompt  atau cmd yang berupa perintah diskpart. Input dari perintah ini akan memberikan perintah ke sistem windows untuk menyembunyikan atau menampilkan partisi drive pada Windows Explorer.

Partisi dari drive hard disk yang sudah disembunyikan tidak akan terbaca isi dan data-nya saat anda mengakses windows explorer, maupun dari program file yang sudah terinstall di komputer anda. Sehingga orang lain yang menggunakan komputer anda tanpa sadar bahwa sebenarnya partisi drive hard disk di komputer tersebut ada. 

Sekarang kita praktekan untuk mencoba perintah diskpart pada komputer windows.

Menyembunyikan Partisi Drive Windows.

Satu, langkah awal yang harus anda lakukan adalah memastikan semua sistem yang berjalan di komputer windows anda tidak mempunyai masalah, artinya komputer dalam keadaan sehat dari serangan virus atau mallware.
Dua, Silahkan anda membuka command prompt  atau cmd.  Jika anda masih bingung bagaimana caranya, silahkan anda baca cara membuka cmd berikut ini
Tiga, setelah jendela cmd terbuka, silahkan anda ketik diskpart. lalu tekan enter. Jika muncul jendela konfirmasi klik user account control klik yes.
Empat, Berikutnya silahkan masukan perintah list disk. perintah ini berfungsi untuk menampilkan hard disk yang terinstall pada komputer atau laptop anda, jika anda hanya memiliki sebuah hard disk maka hanya tampil satu saja.
Lima, Langkah berikutnya adalah mengetik perintah list volume.  perintah ini berfungsi untuk menampilkan jumlah partisi yang sudah anda buat pada hard disk. Disana anda akan melihat berapa banyak volume, label, letter, Type file, Size, Status dan info.
Enam, Dari gambar diatas terlihat semua partisi drive posisinya sedang ditampilkan, lalu bagaimana caranya agar dapat menyembunyikan salah satu atau beberapa partisi drive yang kita pilih ? Sebagai contoh kkita akan menyembunyikan partisi drive E dengan volume 3. caranya adalah sebagai berikut ;
  1. Dari jendela dikspart, ketik perintah select volume 3
  2. Kemudian ketik perintah remove letter e, jika berhasil, maka anda akan mendapat reply atau balasan DiskPart successfully removed the drive letter or mount point.
  3. Silahkan anda buka windows explorer, maka partisi drive E akan hilang atau disembunyikan.

Menampilkan Partisi Drive Windows.

Setelah anda berhasil menyembunyikan partisi drive windows anda, sekarang saatnya anda mengembalikan drive yang sudah anda sembunyikan tadi, berikut ini adalah langkah - langkahnya.

Satu, Buka jendela command prompt atau cmd.
Dua, Kemudian ketik diskpart.
Tiga, selanjutnya ketik perintah list disk
Empat, Kemudian ketik perintah list volume
Lima, Lalu ketik select volume 3 (disini anda akan mendapatkan reply atau balasan volume 3 is now selected)
Enam, Langkah terakhir silahkan ketik perintah assign letter x (huruf x dapat anda ganti sesuai keinginan)
Tujuh, Selesai. Silahkan anda cek partisi drive tersebut di windowss explorer, apakah sudah muncul atau tidak. Jika belum muncul anda dapat mereboot atau merestart komputer anda untuk menerpakan perubahan.

0 Response to "Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Drive Hard Disk Windows dengan Perintah Diskpart."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel