Cara Membuka Command Prompt DOS atau CMD pada Komputer Windows.

Cara Membuka Command Prompt DOS atau CMD pada Komputer Windows.

Membuka command prompt DOS. Untuk anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi berbasis windows pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah command prompt, command prompt merupakan command-line interpreter  yang disedikan oleh produsen pembuat windows dalam hal ini adalah Microsoft pada komputer yang menjalankan sistem operasi berbasis windows. Selain itu command prompt juga sering disebut dengan istilah cmd.exe yang merupakan salah satu aplikasi atau program bawaan windows. Dengan mengaktifkan command prompt atau cmd pada komputer windows, anda dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat anda lakukan dengan aplikasi yang berbasis window atau graphic. Karena untuk menjalankan cmd anda harus minimal mengenal beberapa macam perintah sebagai inputan untuk di jalankan oleh program.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam menggunakan command prompt.

1. Untuk mengecek koneksi sebuah jaringan, baik itu pada jaringan LAN maupun pada jaringan Internet. Perintah yang digunkan adalah ping spasi nomor IP address (contoh : ping 192.168.0.1) atau (ping google.com).
2. Untuk mengecek nomor IP address pada komputer lokal, perintah yang digunkan adalah ipconfig.
3. Untuk menyembunyikan dan menampilkan kembali partisi drive hard disk di windows explore. perintah yang digunkan adalah diskpart. dan masih banyak lagi perintah yang dapat anda lakukan melalui command prompt ini.

Berikut ini adalah berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk membuka jendela command prompt atau cmd.

Windows 7 (windows Seven), Windows 8, Windows 8.1, Windows 10.

Cara 1. Silahkan anda menekan dan menahan tombol Windows + R pada keyboard. Perintah ini akan membuka jendela Run. Pada jendela Run yang terbuka silahkan anda ketik cmd diikuti dengan enter atau klik Ok.
Cara 2. Dengan mengklik start menu, kemudian cari accessories - lalu cari command prompt. (berlaku pada windows 7)
Cara 3. klik start menu - pada isian search programs and files ketik cmd. Perhatikan bagian atas start menu akan muncul hasil pencarian yaitu command prompt (berlaku pada windows 7).
Cara 4. Pada windows 8 ke atas, silahkan anda menuju desktop dengan menekan tombol pada keyboard (Ctrl + D). Lalu arahkan mouse ke ujung kanan atas atau bawah pada layar komputer anda untuk menampilkan charm bar. Kemudian klik ikon kaca pembesar atau search. lalu ketik cmd.
.Cara 5. Berlaku untuk semua versi windows. Membuka jendela command prompt menggunakan task manager. Silahkan klik kanan pada task bar kemudian pilih task manager.
Setelah muncul jendela task manager, kemudian klik file - Run new task. Sehingga muncul jendela create new task. Pada jendela pop-up ini silahkan anda ketik cmd  diikuit dengan klik OK atau enter.
Cara 6. Cara yang ke - 6 ini juga berlaku pada semua versi Windows. Silahkan anda membuka windows explorer (sudah tau caranya khan ? ). Pada bagian path (itu lho yang biasanya menunjukan posisi file atau folder) ketik cmd. lalu tekan enter.
Cara 7. Cara yang ke tujuh ini juga berlaku untuk semua versi windows. Yaitu dengan cara membuat shortcut ikon cmd di desktop yang dibuat dari notepad. Langkahnya dalah sebagai berikut ;
  • Buka Notepad.
  • Kemudian ketik cmd.exe
  • Lalu save di desktop (pada file name : ketik cmd.bat  kemudian pada save as type : pilih All files
  • Sekarang anda menuju desktop, dan anda akan melihat ikon cmd.bat
  • Untuk menjalankanya, silahkan klik 2 kali pada ikon tersebut

0 Response to "Cara Membuka Command Prompt DOS atau CMD pada Komputer Windows."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel