Cara Membuat dan Menganalisa Quiz Online Menggunakan Google Form dan Ms. Excel

Cara Membuat dan Menganalisa Quiz Online Menggunakan Google Form dan Ms. Excel

Membuat Quiz dengan Google Form. Kita semua pasti sudah tahu apa itu Google Form, umumnya orang menggunakan Google Form untuk membuat formulir, baik itu untuk formulir pendaftaran, atau pengisian angket. Google Form merupakan salah satu produk dari perusahaan internet Google. Untuk menggunakan fasilitas dan semua firtur yang ada di dalam Google Form anda cukup login menggunakan akun Google yang sudah anda miliki. Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan mensahre cara membuat formulir online menggunakan Google Form ini, tetapi saya akan menshare cara membuat quiz atau kuis secara Online kemudian menganalisa hasil jawaban tersebut ke dalam program pengolah angka Ms. excel. Jadi hasil output laporan dari responden Google Form ini nantinya kita download, kemudian di analisa menggunakan formula yang telah ditentukan sebagai jawabanya.

Untuk membuat quiz menggunakan Google Form memang agak sedikit rumit, namun jika sudah terbiasa cara ini sebenarnya lumayan asyik untuk diterapkan oleh para instruktur atau bahkan guru dalam melakukan ujian kepada para siswanya. Sebenarnya banyak juga aplikasi untuk membuat quiz online, anda dapat search atau googling tentang hal ini, namun apa salahnya jika sedikit ilmu yang saya share ini bisa anda terapkan untuk membuat quiz online menggunakan Google Form. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuat kuis online ini silahkan anda simak panduan step by step di bawah ini.

Menyiapkan Kuis Online dengan Google Form.

  1. Kunjungi alamat atau URL berikut ini menggunakan browser internet kesayangan anda, kam menyarankan untuk menggunakan Google Chrome.
  2. Setelah ahalam web terbuka, silahkan klik tombol Go to Google Form.
  3. Anda akan dibawa ke halaman baru pada tab yang lain, disini anda diminta untuk memasukan akun Google yang anda miliki. (berupa Email dan password)
  4. Setelah berhasil Login anda akan di bawa ke halaman dashboard Gogle Form.
  5. Jika anda belum pernah sama sekali membuat form, maka anda akan melihat pesan No form yet
  6. Untuk memulia membuat quiz dari Google form, silahkan anda klik start a new form (blank) yang ditandai dengan simbol +
  7. Setelah anda klik kotak putih yang ditengahnya ada simbol +, anda akan dibawa ke halaman pembuatan formulir atau quiz.
  8. Silahakan anda memulia pembuatan kuiz atau formulir disini. Disana anda dapat melihat tulisan Untittled Form yang artinya form anda belum mempunyai judul, silahkan anda ganti dengan judul sesuai pilihan anda, atau saya akan membuat judul quiz1 
  9. Dibawahnya terdapat isian yang boleh anda isi boleh juga dilewaati. yang bertuliskan form description. maksudnya adalah anda dapat meberi penjelasan atau deskripsi form atau kuiz apa yang akan anda buat nantinya.
  10. Langsung tekan tombol tab pada keyboard, anda akan dibawa ke isian lainya yaitu untitled question. ini merupakan pertanyaan pertama yang harus anda buat untuk membuat quiz. contoh saya akan mengisi identitas siswa yaitu nama.
  11. Di bagaian kanan silahkan anda pilih type isian untuk menjawab pertanyaan yang anda berikan. contoh saya akan mengisi short answer, karena yang diatanyakan adalah nama.
  12. Silahkan lebih jelasnya anda perhatikan gambar dibwah ini.

Membuat Quiz dengan Google Form.

Setelah anda memahami cara membuat form isian sekarang kita lanjutkan membuat kuis.
  1. Membuat pertanyaan quis. Silahkan tuliskan pertanyaan pada form yang disediakan. Untuk memahaminya anda dapat mengikuti contoh yang saya berikan dibawah ini :
    • Pertanyaan = Ibu kota Jawa Tengah terletak di kota mana ?
    • Pilihan option (jawaban) = Checkboxes
    • Kemudian pada bagian bawahnya adalah jawaban yang akan anda tawarkan untuk dijawab. Disini anda dapat mengetik opsi jawaban.
    • Untuk membuat soal yang ke-2 dengan opsi seperti soal pertama, anda cukup meng-klik tombol duplicate.
    • Sehingga anda akan melihat dua soal dengan kalimat yang sama, untuk itu anda hanya tinggal merubah kalimat soal yang ke-2 beserta opsi jawabanya.
    • Untuk mengingatkan siswa pada soal yang belum terjawab, anda dapat mengklik tombol "required" yang berada di sebelah bawah kanan.
    • Jika ada soal yang terlewatkan untuk di jawab, dan siswa atau responden sudah terlanjur mengklik submit maka form akan menampilkan pesan this is a required question.
  2. Setelah pembuatan soal atau quiz selesai, silahkan anda klik tombol send yang berada di sebelah kanan atas.
  3. Pada send via pilih link, nanti anda akan melihat link untuk quiz anda.
  4. Dan inilah contoh linknya;
    • https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSexBQVbDjOfJZR10oiygpV3mGgqeRgmFa6-qGxeMlkehhcQmg/viewform?usp=sf_link

Memendekan Link atau UR dengan goo.gl

Link atau URL dari quiz online yang dihasilkan dari Google Form diatas terlihat sangat panjang dan tentu sulit untuk diingat, sehingga anda akan merasa kesulitan untuk memberikan ke siswa atau responden. Untuk itu anda dapt mensiasati link tersebut agar terlihat pendek. Untuk memendekan link atau URL terdapat berbagai macam cara. Tetapi saat ini akan saya jelaskan cara memendekan link menggunakan goo.gl. berikut ini adalah caranya ;
  1. Buka link berikut ini di browser Google Chrome anda.
  2. Lalu pada halaman web yang terbuka, masukan link atau url quiz online anda disini.
  3. lalu klik tombol shorten url
  4. Kemudian akan muncul jendela pop-up yang menunjukan link url yang sudah di pendekan.
  5. Setelah anda catat, silahkan klik tombol done.
  6. dan ini adalah link yang sudah anda pendekan.
    • https://goo.gl/alzPrI
  7. Silahkan anda paste link yang sudah anda pendekan tersebut di browser anda.

Menganalisa hasil quiz di Ms. Excel.

  1. Pastikan semua responden atau siswa sudah mengisi semua form dalam quiz yang anda buat.
  2. Silahkan buka Google Form anda, kemudian pilih form atau quiz yang akan di ambil data responder atau siswa nya.
  3. Jika sudah terbuka seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, silahkan pilih response, kemudian pilih logo spreadsheet yang berwarna hijau yang di tandai dengan nomor 2.
  4. Kemudian akan muncul jendela Pop-up, silahkan pilih create a new spreadsheet, lalu klik tombol create.
  5. Kemdudian anda akan di bawa ke tab baru.
  6. Anda akan melihat semua jawaban dari siswa atau responden muncul disitu.
  7. Untuk mengolahnya di Ms. Excel, anda harus men-download terlebih dahulu spreadsheet tersebut.
  8. Dari menu file - klik download as - kemudian pilih Microsoft excel (.xlsx)
  9. Jika sudah terdownload di local disk komputer anda, silahkan lanjutkan dengan membuka file tersebut di Ms. Excel untuk menganalisa jawaban dari siswa atau responden.
  10. Anda dapt menggunakan formula IF untuk menyeleksi jawaban.
  11. Demikain tutorial membuat quiz online dengan Google Form, barang kali ada manfaatnya untuk kita semua.

0 Response to "Cara Membuat dan Menganalisa Quiz Online Menggunakan Google Form dan Ms. Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel