[Artikel Lengkap] Bagian-Bagian Tumbuhan Serta Fungsinya

[Artikel Lengkap] Bagian-Bagian Tumbuhan Serta Fungsinya

Bagian-bagian tumbuhan serta fungsinya. Tumbuhan termasuk jenis makhluk hidup. Sesuatu yang dikatakan makhluk hidup berarti dapat bernapas begitu pula dengan tumbuhan. Tumbuhan juga seperti makhluk hidup lainnya yaitu memiliki bagian-bagian tubuh. Bagian-bagian utama yang dimiliki tumbuhan yaitu akar, batang, daun, bunga dan buah. Antara bagian satu dengan bagian yang lain memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Fungsi dan tugas tersebut tidak hanya berguna bagi tumbuhan itu sendiri melainkan dapat berguna bagi makhluk hidup lainnya seperti manusia. Bagian-bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Nah, untuk lebih jelasnya tentang bagian-bagian tumbuhan serta fungsinya simaklah penjelasan di bawah ini.

A. Akar

Semua jenis tanaman pasti mempunyai akar. Akar tumbuh menghujam ke dalam tanah. Akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral serta mengukuhkan tanaman. Selain itu, akar juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.  Akar terdiri atas dua bagian yaitu rambut akar dan tudung akar. Rambut akar berfungsi untuk memperluas daerah penyerapan air dan mineral, sedangkan tudung akar berfungsi untuk melindungi akar saat menembus tanah.
Menurut bentuknya akar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :
1. Akar Serabut
Biasanya tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah tumbuhan berjenis monokotil (biji berkeping satu atau tunggal). Akar serabut memiliki bentuk seperti serabut-serabut tipis. Akar serabut tidak memiliki akar pokok yang tumbuh memanjang serta tidak memiliki cabang-cabang akar. Bagian pangkal dan ujung pada akar serabut memiliki ukuran yang hampir sama. Akar-akar tersebut dapat tumbuh dari pangkal akar. Contoh tanaman dengan akar serabut adalah padi, jagung, kelapa dan papaya. 2. Akar Tunggang
Biasanya akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan  berjenis dikotil (biji berkeping dua atau ganda). Akar tunggang berbeda dengan akar serabut karena akar tunggang memiliki akar pokok yang tumbuh memanjang. Pada akar tunggang ini terdapat akar lateral (samping) yang dapat tumbuh ke samping. Ukuran akar lateral adalah lebih kecil dari pada akar pokok karena akar lateral merupakan cabang-cabang dari akar pokok tersebut. Contoh tanaman dengan akar tunggang adalah jambu, jeruk, durian, kopi dan mangga.


Perlu anda ketahui bahwa tidak semua jenis tumbuhan memiliki akar yang sama karena ada beberapa tumbuhan yang memiliki akar khusus dengan sifat dan kegunaan yang khusus pula. Dibawah ini ada beberapa akar khusus, di antaranya :
  • Akar Gantung. Akar gantung dapat tumbuh pada bagian tumbuhan yang letaknya di atas tanah sehingga akar akan terlihat menggantung di udara. Fungsi akar gantung adalah untuk menyerap uap air dan gas dari udara. Contohnya pohon beringin.
  • Akar Napas. Akar napas dapat tumbuh keluar dari batang bagian bawah sehingga akar akan muncul di permukaan tanah atau air. Fungsi akar napas adalah untuk bernapas. Contohnya pohon bakau dan pandan. 
  • Akar Pelekat. Biasanya akar pelekat akan tumbuh di sepanjang batang. Fungsi akar pelekat adalah untuk melekatkan pada tumbuhan lain atau tembok. Contohnya tumbuhan sirih.
  • Akar Tunjang. Akar tunjang yaitu cabang akar yang dapat tumbuh tegak lurus ke atas. Akar tunjang memiliki banyak celah sehingga udara dapat masuk. Contohnya kayu api dan gayam. 

B. Batang

Batang merupakan bagian dari tumbuhan yang paling utama dan letaknya di atas permukaan tanah. Fungsi batang yaitu untuk menopang tumbuhan. Batang juga sebagai tempat melekatnya daun, bunga dan buah. Pada batang inilah terjadi proses pengangkatan air dan zat hara yang berasal dari akar hingga ke daun. Menurut jenisnya batang dapat dibedakan menjadi 3 antara lain:
  1. Batang Berkayu. Batang berkayu merupakan tumbuhan berkayu yang memiliki batang yang keras dan kuat. Pada batang berkayu terdapat kambium yaitu bagian batang yang selalu tumbuh. Contohnya durian, mahoni dan jati.
  2. Batang Rumput. Batang rumput memiliki ruas-ruas yang sangat nyata serta berongga. Contohnya padi, rumput, jagung. 
  3. Batang Basah. Tumbuhan yang memiliki batang basah biasanya batang tumbuhan tersebut lunak dan berair. Contohnya papaya dan pisang. 

C. Daun

Daun merupakan bagian tumbuhan yang dapat tumbuh pada batang. Umumnya daun berwarna hijau karena daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Daun dapat dibedakan menjadi dua yaitu daun tunggal dan daun majemuk. Berdasarkan bentuk susunan tulang, daun dapat dibedakan menjadi empat macam antara lain:
  1. Tulang Daun Menyirip. Memiliki bentuk seperti sirip ikan sehingga tampak tersusun rapi mulai dari tangkai hingga ujung helai daun. Contohnya daun mangga dan daun jambu.
  2. Tulang Daun Melengkung. Memiliki bentuk seperti garis-garis melengkung. Contohnya daun genjer, dan daun sirih
  3. Tulang Daun Menjari. Memiliki bentuk seperti jari-jari tangan. Contohnya daun singkong, daun papaya dan daun jarak
  4. Tulang Daun Sejajar. Memiliki bentuk berupa garis-garis yang sejajar mulai dari pangkal daun hingga ujung daun. Contohnya jagung, tebu dan padi. 
Walaupun daun memiliki bentuk tulang yang berbeda-beda tetapi bagian-bagian penyusunnya hampir sama. Bagian-bagian tersebut adalah pelepah daun, tangkai daun dan helaian daun.

D. Bunga

Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berperan sangat penting dalam proses perkembangbiakan. Bunga juga memiliki bagian-bagian yang penting di antaranya tangkai bunga, mahkota, kelopak, benang sari serta putik.
  1. Tangkai Bunga, berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini memiliki peran sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
  2. Kelopak, berada pada bagian paling luar pada bunga. Kelopak akan melindungi mahkota ketika masih dalam keadaan kuncup. Biasanya, kelopak akan memiliki bentuk dan warna yang menyerupai daun. 
  3. Mahkota, berada di sebelah dalam kelopak. Mahkota memiliki bentuk dan warna yang sangat bermacam-macam yang dapat digunakan untuk menarik serangga untuk datang dan membantu penyerbukan.
  4. Benang Sari, berada di tengah-tengah mahkota bunga. Benang sari adalah alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari.
  5. Putik, alat kelamin betina. Putik terdiri dari kepala putik dan tangkai putik.
Berdasarkan bagian-bagian yang dimiliki bunga dapat dibedakan menjadi :
  • Bunga lengkap, merupakan bunga yang memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik dan benang sari
  • Bunga tak lengkap, merupakan bunga yang tidak memiliki salah satu bagian kelopak bunga, mahkota bunga, putik atau benang sari
  • Bunga sempurna, merupakan bunga yang memiliki benang sari dan putik
  • Bunga tak sempurna, merupakan bunga yang hanya memiliki putik atau benang sari saja

E. Buah dan Biji

Buah merupakan sebuah hasil dari penyerbukan dan pembuahan antara serbuk sari dan putik. Buah sendiri terdiri atas daging buah dan biji. Biji dapat dibedakan menjadi dua yaitu biji berkeping satu (monokotil) dan biji berkeping dua (dikotil).

Selesai sudah artikel tentang bagian-bagian tumbuhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "[Artikel Lengkap] Bagian-Bagian Tumbuhan Serta Fungsinya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel