Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Mengobati radang tenggorokan secara alami. Radang tenggorokan bisa disebut faringitis. Radang tenggorokan yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang hulu tenggorokan. Jika terkena radang tenggorokan, pertanda penyakit akan menghampiri kita. Biasanya berupa penyakit flu dan batuk serta demam. Hampir semua orang mengalami, umumnya terjadi saat cuaca tidak menentu seperti cuaca terlalu panas. Radang tenggorokan bisa hilang dengan sendirinya, paling lama satu minggu. Radang tenggorokan yang terlalu lama sembuh dapat juga sebagai penanda penyakit amandel. Tanda-tanda radang tenggorokan antara lain :

  • Merasa sakit saat menelan
  • Sakit kepala
  • Bengkak, kemerahan pada amandel
  • Muntah
  • Demam
Flu dan bersin-bersin yang menyebabkan radang tenggorokan merupakan penyakit yang menular melalui udara. Jika seseorang dengan sistem imun atau daya tahan tubuh lemah akan lebih mudah tertular sebab sama-sama menghirup udara dalam satu lingkungan. Lebih baik orang yang sedang terserang flu dan batuk menggunakan masker agar saat batuk virusnya tidak menyebar. Bisa juga saat batuk mulutnya di tutup dengan tangan. Gejala awal sebelum terkena radang tenggorokan yaitu :

Disebabkan oleh virus. Biasanya radang yang disebabkan oleh virus tergolong radang yang ringan. Tetapi pemberian antibiotik tidak efektif karena antibiotik dapat menimbulkan kekebalan kuman. Radang yang disebabkan virus akan hilang dengan sendirinya.

Ciri-ciri infeksi virus yaitu :

a. Rasa gatal dan kering pada tenggorokan
b. Rasa pegal-pegal di persendian
c. Batuk dan bersin menyebabkan suara serak

Disebabkan oleh bakteri. Radang yang disebabkan oleh bakteri tergolong parah dibanding disebabkan oleh virus. Seseorang yang terkena radang akibat bakteri umumnya sudah tertular sekitar 2-5 hari yang lalu. Sebaiknya orang yang terkena radang akibat bakteri dibawa ke dokter agar diberi obat yang tepat.
Ciri-ciri infeksi bakteri yaitu : a. Sakit saat menelan
b. Demam, terkadamg disertai menggigil c. Kelenjar leher membengkak Radang tenggorokan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

  1. Radang tenggorokan akut. Jenis radang ini merupakan radang tenggorokan yang masih baru. Ditandai dengan rasa nyeri pada tenggorokan dan disertai batuk dan demam.
  2. Radang tenggorokan kronis. Jenis radang ini merupakan radang tenggorokan yang sudah lama. Penderita akan merasa ada sesuatu yang mengganjal pada tenggorokan.

Jika sudah terkena radang, jangan bingung. Konsumsilah makanan yang mempunyai gizi tinggi agar daya tahan tubuh cepat kembali normal. Cara untuk mengatasi radang tenggorokan secara sederhana yaitu :

a. perbanyak minum air putih
b. memakan makanan dan buah yang bervitamin
c. hindari makanan dan minuman yang dingin
d. hindari makanan yang berminyak dan pedas karena dapat menyebabkan bertambah parahnya
radang tenggorokan.

Di samping cara di atas, mengobati radang tenggorokan bisa menggunakan ramuan tradisional. Ramuan tersebut berasal dari bahan-bahan disekitar kita dan merupakan warisan nenek moyang kita.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya :

  • Menggunakan air garam. Caranya, larutkan garam sebanyak ½ sendok makan ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan setiap pagi dan sore hari sampai radang benar-benar hilang.
  • Sirsak manis diperas dengan satu gelas air. Minumlah setelah makan siang. Selain diperas, sirsak bisa dijadikan jus.
  • Di pangkal leher depan diolesi campuran belimbing wuluh dan bawang merah bakar yang telah ditumbuk. Kemudian dioleskan secara berulang-ulang pada tenggorokan.
  • Makan bawang putih. Caranya bawang putih langsung dimakan mentah. Bawang putih memiliki manfaat untuk membunuh bakteri yang terdapat pada tenggorokan.

Selamat Mencoba,,,semoga berhasil...

0 Response to "Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel