Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Mengatasi Bau Mulut Secara Alami


Mengatasi bau mulut secara alami. Bau mulut merupakan bau yang tidak sedap keluar dari mulut melalui hembusan nafas. Bau mulut sangat mengganggu seseorang apalagi jika di dekat orang. Seseorang yang memiliki bau mulut akan merasa minder atau tidak percaya diri pada saat berbicara pada orang. Karena orang yang diajak bicara pasti akan mencium bau tersebut sehingga dalam berkomunikasi merasa tidak nyaman. Timbulnya bau mulut dapat disebabkan oleh lender yang terdapat pada kerongkongan sudah membusuk.

Penyebab bau mulut sangat beragam tetapi bau mulut sering dikaitkan dengan kebersihan mulut. Makanan yang telah masuk ke mulut terkadang masih tersisa karena disebabkan gigi berlubang sehingga makanan yang tertinggal di gigi akan menumpuk, lama kelamaan akan menjadi bakteri dan membusuk. Faktor penyebab bau mulut di antaranya :
  • Sariawan
  • Merokok
  • Memakan jengkol atau petai
  • Lupa sarapan
  • Plak
  • Minuman alkohol
  • Mulut kering
Menghilangkan bau mulut bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan mulut dan juga gigi. Karena sumber bau berasal dari mulut. Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan baik agar tidak mengalami bau mulut. Bau mulut sangat mengganggu bagi siapa saja bukan si penderita saja melainkan orang yang disampingnya.

Ada cara-cara mencegah bau mulut, di antaranya :

1. Rajin gosok gigi
Langkah awal yang dilakukan untuk mencegah bau mulut yaitu menggosok gigi. Dengan menggosok gigi akan mencegah gigi berlubang dan penumpukan plak yang dapat menyebabkan timbulnya bau mulut. Paling baik menggosok gigi 3 kali dalam sehari. Sebelum tidur jangan lupa untuk menggosok gigi agar sisa makanan tidak menempel di gigi.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat bagi tubuh. Minumlah air sebanyak 8 gelas perhari. Air putih membantu agar mulut tidak terasa kering. Sebab jika mulut kering akan mengakibatkan bau mulut.

3. Menguyah permen karet

Menguyah permen karet akan membantu mencegah bau mulut, sebab mulut akan terus bergerak. Permen karet juga akan menurunkan berat badan karena dengan menguyah maka akan menunda rasa lapar sehingga mulut menghasilkan enzin dan air liur supaya mulut tidak kering.

4. Menghindari makanan yang berbau

Hindari makanan yang berbau agar terhindar dari bau mulut. Misalnya jengkol dan petai. Kedua makanan itu mempunyai bau yang sangat tajam setelah di makan.

5. Makan buah

Makanlah buah-buahan khususnya yang mengandung vitamin C sebab buah yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh serta mencukupi nutrisi vitamin untuk tubuh dan mulut.


Ada dua cara untuk mengecek bau mulut yaitu :

1. Cek lidah
Cek lidah bisa dilakukan sendiri. Jika lidah berwarna putih dan bersisik pertanda bahwa nafas berbau berarti ada masalah bau mulut. Tetapi jika lidah berwarna merah muda dan mengkilap pertanda bahwa nafas segar tidak ada masalah bau mulut.
2. Menjilat punggung tangan

Cara ke dua yaitu dengan menjilat punggung tangan kita sendiri. Biarkan kering dulu setelah itu cium punggung tangan kita. Jika berbau tidak sedap berarti ada masalah pada mulut kita yaitu bau mulut.

Jika sudah mengalami bau mulut, tidak usah khawatir sebab ada banyak cara untuk mengatasi bau mulut tersebut. Bisa di konsultasikan ke dokter bisa juga dengan menggunakan obat tradisional. Cara membuat ramuan tradisional sangat mudah dan aman bagi tubuh.

Bahan-Bahan :
a. Daun sirih : 7 lembar
b. Kapulaga : 10 biji
c. Adas : 1 sendok teh
d. Air : 3 gelas
e. Gula pasir : secukupnya

Cara Membuat :

1) Daun sirih di cuci
2) Semua bahan di rebus sampai tersisa 1 ½ gelas
3) Minumlah ramuan tersebut saat sudah suam-suam kuku

Selamat Mencoba..

0 Response to "Mengatasi Bau Mulut Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel