Kegunaan dan Manfaat Sumber Daya Alam Untuk Kehidupan Manusia.

Kegunaan dan Manfaat Sumber Daya Alam Untuk Kehidupan Manusia.



Manfaat Sumber Daya Alam. Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang Kegunaan dan Manfaat Sumber Daya Alam Untuk Kehidupan Manusia. Sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Di alam ini sumber daya alam sangat melimpah. Contohnya tumbuhan, air, minyak bumi dan batu bara. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang terbentuk kembali oleh alam itu sendiri dalam waktu yang singkat. Hal tersebut bisa terjadi karena sumber daya alam dapat mengalami daur ulang. Contohnya tumbuhan, hewan, air dan tanah.

  1. Tumbuhan. Tumbuhan bisa dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan pangan dan sebagai obat alami. Contoh tumbuhan bisa dijadikan kebutuhan pangan yaitu nasi, sayuran dan buah-buahan. Disamping itu, tumbuhan juga bisa digunakan untuk bahan pakaian dan perabot rumah tangga. Kapas bisa digunakan untuk bahan pembuat kain dan selanjutnya akan diolah lagi menjadi pakaian. Sedangkan meja, kursi, lemari dengan memanfaatkan batang kayu tumbuhan. Manusia menanam tanaman dengan cara bercocok tanam yang biasanya dilakukan oleh petani.
  2. Hewan. Hewan juga dapat dimanfaatkan manusia mulai dari daging, susu, bahkan telur. Hewan diperoleh manusia dengan cara diternak. Beternak adalah kegiatan manusia untuk memelihara dan mengembangbiakkan hewan. Sapi dapat dimanfaatkan manusia dengan diambil dagingn dan susunya, sedangkan ayam dan bebek diambil telurnya. Hewan juga dimanfaatkan tenaganya. Kerbau dimanfaatkan untuk membajak sawah, sedangkan kuda di gunakan untuk menarik delman. Jadi hewan juga dapat membantu pekerjaan manusia supaya lebih ringan.
  3. Air. Air dimanfaatkan manusia untuk minum, mandi, transportasi dan mengairi sawah. Air tidak dapat berkembang biak, tetapi air dapat mengalam pendauran. Air begitu penting bagi manusi karena tanpa air manusia akan mengalami kekeringan dan menyebabkan dehidrasi.
  4. Tanah. Tanah juga dapat dimanfaatkan manusia untuk menanam tanaman, membangun rumah dan membuat barang-barang rumah tangga dari tanah liat. Contoh perabot rumah tangga yaitu vas bunga, kendi, pot dan juga genting rumah.

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat dibentuk kembali oleh alam itu sendiri dalam waktu yang singkat. Contohnya bahan tambang seperti minyak bumi, batu bara, besi, gas alam dan barang tambang lainnya. Besi dapat digunakan untuk pagar, dan tiang bangunan, sedangkan gas alam seperti minyak tanah, bensin dan solar digunakan sebagai bahan bakar. Emas digunakan untuk membuat perhiasan.

Perbuatan Untuk Memelihara Alam.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak bisa dipisahkan dengan alam. Oleh Karena itu kita sebagai manusia harus sadar untuk menjaga dan memelihara sumber daya alam ini. Berikut adalah cara memelihara sumber daya alam:
  1. Melakukan tebang pilih.
  2. Menanam kembali tanah yang gundul dengan pohon yang baru (Reboisasi).
  3. Membersihkan lingkungan dari sampah.
  4. Menghemat pemakaian bahan bakar dari minyak bumi.
  5. Melindungi semua jenis hewan agar tidak punah.
  6. Membuat terasering pada daerah yang miring.

Perbuatan Yang Dapat Merusak Alam.

Perbuatan yang merusak alam dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor alam dan manusia. Faktor alam diantaranya gempa, banjir dan tanah longsor, sedangkan faktor manusia diantaranya menebang pohon secara liar. Berikut adalah perbuatan manusia yang dapat merusak alam yaitu:

  1. Menebang pohon di hutan dengan sembarang.
  2. Menangkap dan membunuh hewan yang langka.
  3. Membuang sampah ke sungai.
  4. Menangkap ikan dengan racun dan bahan peledak.
  5. Menggunakan bahan baker minyak yang berlebihan sehingga terjadi keborosan.
Demikian artikel tentang Kegunaan dan Manfaat Sumber Daya Alam Untuk Kehidupan Manusia. Semoga bermanfaat.


1 Response to "Kegunaan dan Manfaat Sumber Daya Alam Untuk Kehidupan Manusia."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel