Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Tradisional

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Tradisional.

Mengatasi Perut Kembung Secara Alami.Artikel berikut ini akan membahas tentang Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Tradisional. Salah satu penyakit yang terdapat di saluran pencernaan adalah perut kembung. Semua kalangan dari bayi sampai lanjut usia pasti akan mengalami yang namanya perut kembung. Perut menjadi buncit adalah salah satu tanda bahwa kita mengalami perut kembung. Perut kembung yaitu kondisi perut yang terasa kencang karena terlalu banyak gas yang terdapat di saluran pencernaan, kerongkongan dan usus kecil maupun usus besar. Umumnya kalau kita mengalami perut kembung akan terasa tidak nyaman karena perut kembung mengakibatkan kita bersendawa dan juga kentut. Jika terjadi perut kembung kita akan sering kentut dan itu akan terjadi secara berulang-ulang sampai lebih dari 10 kali.

Penyebab Perut Kembung.

Terjadinya perut kembung dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu :
  1. Masuk Angin. Masuk angin dapat menyebkan perut kembung. Penyebab masuk angin yaitu ketika tubuh dalam keadaan tidak fit dan banyak udara yang masuk ke perut. Jika kita melakukan perjalanan jauh apalagi di malam hari pasti akan mengalami masuk angin sehingga lama kelamaan akan menyebabkan perut menjadi kembung.
  2. Terlambat makan. Terlalu banyak aktivitas membuat kita lupa makan tepat waktu. Perut yang kosong, jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan perut kembung karena yang masuk ke perut tidak berupa makanan ataupun minuman tetapi berupa udara. Lama kelamaan udara yang masuk akan bertambah banyak dan menumpuk di perut.
  3. Terlalu lama di ruangan ber-AC. Jika tubuh kita tidak tahan dingin dan berada di ruang ber-AC seharian maka lama kelamaan tubuh kita akan merasa kedinginan dan perut akan menjadi kembung.
  4. Buang Air Besar (BAB) tidak lancar. Buang Air Besar (BAB) tidak lancar juga akan menyebabkan perut kita menjadi kembung sebab makanan ataupun minuman yang masuk ke tubuh kita tidak dapat dicerna dengan baik.
Ada banyak faktor yang menyebabkan perut kembung. Selain faktor diatas ada satu lagi yaitu jika kita menderita penyakit maag kita akan sering mengalami perut yang kembung. Penyakit maag disebabkan karena pola makan kita tidak teratur. Perut kembung sangat menggangu aktivitas kita karena jika kita mengalaminya maka kita akan malas untuk melakukan sesuatu yang disebabkan oleh tidak nyamannya perut kita.

Langkah-langkah Mencegah Perut Kembung:

  1. Makan tepat waktu.
  2. Perbanyak makan buah dan sayuran yang berserat.
  3. Tidak mengkonsumsi makanan berminyak yang berlebihan.
  4. Jangan minum soda/kopi terlalu banyak.
  5. Perbanyak minum air putih.
Jika kita ingin terhindar dari perut kembung, sebaiknya kita menghindari makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan perut kembung dan berusaha menjaga pola makan kita. Tetapi jika sudah mengalaminya, tidak usah khawatir karena ada cara menghilangkan perut kembung secara tradisional dan pasti lebih aman bagi tubuh kita. Bahan yang digunakan juga berasal dari sekitar kita dan cara membuatnya pun sangat mudah.

Cara Mengatasi Perut Kembung:

  1. Minum teh hangat. Dengan minum teh hangat akan membantu meredakan perut kembung. Perut akan terasa lebih hangat.
  2. Kompres perut dengan air hangat. Caranya air hangat ditaruh di botol kemudian letakkan botol tersebut diperut yang kembung sambil botolnya dijalankan.
  3. Olesi perut dengan minyak angin. Minyak angin dioleskan ke perut secara merata agar perut terasa hangat bahkan panas.
  4. Minum jahe hangat. Caranya jahe dibakar kemudian di memarkan. Setelah itu masukkan jahe ke gelas dan dicampur gula pasir lalu diseduh dengan air hangat. Minumlah sampai perut merasa enak.
  5. Ambil setengah gelas air tajin lalu berikan sedikit garam dan gula sesuai selera. Minumlah pada pagi dan sore.
Demikian artikel cara mengatasi perut kembung, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Tradisional "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel