10 tips sederhana memilih produk asuransi

10 tips sederhana memilih produk asuransi.


Betapa pentingnya keberadaan asuransi dalam menunjang segala aspek kehidupan saat ini, sehingga perlu adanya untuk dapat mempertimbangkan dalam mengikuti asuransi yang ada, namun anda juga perlu bijak dalam memilih bentuk asuransi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. apapun bentuk asuransi yang tersedia, semuanya mempunyai tujuan yang sama, contohnya bagi anda sebagai tulang punggung keluarga yaitu mencari nafkah bagi seluruh keluarga maka pilihan produk asuransi yang dibutuhkan yaitu asuransi jiwa. Sedangkan bagi sebuah keluarga kebutuhan asuransi yang dipilih adalah asuransi kesehatan, kemudian untuk menjaga agar nafkah bisa berjalan terus saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalkan kecelakaan, maka produk asuransi yang dipilih yaitu asuransi kecelakaan, dan masih banyak lagi latar belakang permasalahan yang menyebabkan anda harus memilih bentuk produk asuransi, misalkan asuransi pekerjaan, asuransi pendidikan, asuransi gagal panen, asuransi properti atau kepemilikan yaitu asuransi rumah, asuransi mobil, asuransi bencana dan terakhir asuransi tabungan yaitu asuransi dwiguna, unitlink dan dana pensiun.

10 tips sederhana memilih produk asuransi.

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tips yang dapat anda jadikan dalam memilih bentuk asuransi yang cocok untuk anda, sehingga paling tidak dapat dijadikan referensi untuk anda.
  1. Pastinya anda sudah mengetahui, begitu banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh agen asuransi. Anda juga perlu menyadari juga sebelum memutuskan untuk memilih asuransi tersebut, tidak semua produk asuransi perlu Anda miliki. Setiap orang punya kondisi keuangan yang berbeda sehingga kebutuhan akan produk asuransi pun belum tentu sama. Jadi, saya sarankan jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk memilih dan membeli asuransi tersebut. Kenali produk yang ditawarkan oleh asuransi tersebut terlebih dulu.
  2. pertimbangan dalam memilih jenis asuransi bukanlah yang utama, namun yang terpenting adalah memilih polis dari setiap produk asuransi yang ditawarkan. Silahkan anda pahami dan bacalah klausul polis dengan teliti supaya benar-benar memahami biaya dan perlindungan yang akan diperoleh. Seringkali terjadi kesalahan, perlindungan dari polis yang dipilih ternyata kurang memenuhi kebutuhan, atau sebaliknya, melebihi kebutuhan yang ada pada diri dan keluarga, sehingga hal ini akan mengakibatkan sia-sia.
  3. Sekalipun jenis asuransi yang ditawarkan pada anda sama, Anda juga harus memperhatikan pada nilai premi yang ada, karena bisa dipastikan nilai premi yang ditawarkan pada anda saat memilih produk asuransi antara suatu perusahaan asuransi dengan yang lainnya berbeda-beda, hal ini dikenal dengan istilah company policy. Sebagai saran dari saya, usahakan anda memilih asuransi yang menawarkan nilai pertanggungan dan pelayanan yang setara namun nilai preminya cukup bersaing.
  4. Anda juga harus memperhatikan apa yang menhadi penyebab utama timbulnya sebuah resiko. Perusahaan asuransi hanya akan mengganti klaim atas kerugian yang disebabkan oleh faktor yang telah menjadi kesepakatan. Misalnya, tidak semua jenis pengobatan penyakit ditanggung asuransi kesehatan karena ada beberapa pengecualian.
  5. Ini juga yang paling bagi anda untuk diperhatikan, Anda harus dapat mengamati dan menganalisa secara pribadi terhadap rekam jejak perusahaan yang menawarkan produk asuransi tetsebut, apakah perusahaan penyedia jasa asuransi tersebut sudah terdaftar di Kementerian Keuangan atau tidak (cek di www.bapepam.go.id). Itulah tips sefethana yang dapat anda lakukan untuk mendeteksi kualitas perusahaan penyedia produk asuransi, apakah cukup sehat sehingga mampu melayani klaim para nasabah. Banyak kasus yang terjadi, nasabah merasa kecewa karena sulit mendapatkan klaim yang menjadi haknya. Anda juga harus berhati-hati terhadap pelayanan tidak memadai seperti agen asuransi yang tidak memahami atau tidak dapat menjelaskan produk yang ditawarkan pada calon client, hal ini seringkali terjadi sehingga dapat mengakibatkan kerugian pada nasabah.
  6. Usahakan anda untuk terlebih dahulu mengenal dekat dengan agent yang menawarkan asuransi, hal ini dapat anda lakukan untuk mengetahui secara lebih detail produl asuransi yang ditawarkan.
  7. Ajukan Asuransi Kesehatan saat anda sedang dalam keadaan sehat, pada suatu saat anda pasti pernah mendengar saudara atau teman anda yang sedang dalam masalah dimana salah satu anggota keluarganya sedang sakit dan dirawat dirumah sakit, keluhan dari teman atau saudara anda pasti akan menyayangkan betapa besarnya biaya yang ia keluarkan untuk membayar biaya pengobatan dirumah sakit, dan pada saat itu ia baru menyadari betapa pentingya dalam mengikuti sebuah asuransi. tapi jika pada saat itu ia baru saja mendaftarkan diri untuk mengikuti sebuah asuransi maka sangat kecil sekali kemungkinan perusahaan untuk menerima permohonan asuransi untuk biaya pengobatan keluarganya yang sedang dirawat dirumah sakit. untuk itu saya menyarankan anda untuk sebisa mungkin mengambil asuransi kesehatan pada saat sehat. Di dalam asuransi kesehatan dikenal yang namanya ketentuan ‘pre – exisiting condition’. Kondisi penyakit yang sudah ada sebelum Anda menjadi nasabah asuransi kesehatan. Penyakit – penyakit yang sudah ada ini umumnya tidak ditanggung oleh pihak asuransi. Walaupun, dalam kondisi tertentu bisa saja perusahaan asuransi mau menanggungnya.
  8. Usia muda adalah merupakan usia produktif bagi setiaporang, anda tidak akan mengetahui apa yang terjadi besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan atau bahkan hari tua anda. mengapa demikian ? tentu saja dapat anda bayangkan sendiri, jika semakin tua maka semakin rentan tubuh akan terserang penyakit dan bahkan kematian, untuk itu pihak asuransi juga mempertimbangkan akan hal ini, sehingga orang dengan usia lebih tua yang mendaftar asuransi maka jumlah preminya lebih besar dari orang yang masih muda. maka dari itu, saran saya ajukan asuransi sedini mungkin. alsan yang pertama, Anda menghemat karena membayar premi asuransi kesehatan lebih murah. dan alasan yang kedua, risiko sudah terkena penyakit lebih kecil disaat muda, sehingga kemungkinan diterima asuransi lebih besar.
  9. Jangan terpengaruh asuransi berdasarkan cash plan . maksudnya adalah jenis asuransi dengan manfaat berdasarkan berapa lama dirawat inap. Misal dirawat 20 hari, asuransi mengganti 1 juta kali 120 hari, yaitu 20 juta. (1 juta disini maksudnya adalah ketentuan pembayaran premi dengan mendapat harga kamar untuk rawat inap 1 juta per hari) Tanpa melihat lagi berapa tagihan sebenarnya yang ditanggun pasien. Padahal, asuransi kesehatan yang baik adalah yang melakukan penggantian berdasarkan tagihan biaya – biaya perawatan di rumah sakit. Ada biaya kamar, biaya dokter, biaya obat, biaya lab, biaya operasi, biaya spesialis dan lain – lain, dimana masing – masing memiliki plafond sendiri – sendiri. Sehingga dengan skema ini, kecil kemungkinan mengalami overplafond yang mengharuskan kita merogoh kocek sendiri untuk membayar tambahan biaya yang tidak ditanggung asuransi.
  10. Pilih Asuransi yang memiliki Double claim, apa maksudnya ? saya uraikan sedikit disini, saat ini dengan hadirnya layanan asuransi dari pemerintah, maka hampir setiap orang memiliki asuransi dari pemerintah ini, namun masih disayangkan jika pelayanan dari produk asuransi pemerintah ini kurang memuaskan, sehingga mereka pasti mencari asuransi tambahan dari produk asuransi perusahaan lain. yang menjadi masalah disini adalah bahwa rumah sakit dalam memberikan kwitansi asli sebagai bukti sah pembayaran hanya 1, oleh karena itu jika anda mempunyai 2 asuransi anda harus bisa membuat duplikat kwitansi itu untuk klaim pada perusahaan asuransi yang ke 2. nah saran saya disini carai prusahaan asuransi yang dapat menerima duplikat kwitansi yang sudah dilegalisir dari rumah sakit tersebut, inilah maksud dari double claim.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari beberapa penjelasan diatas adalah, pahami dan bacalah dengan teliti apa yang menjadi polis produk asuransi, karena tidak dipungkiri bahwa produk asuransi yang ada sekarang itu banyak disclaimer-nya serta mempunyai istilah yang komplek. sehingga anda tidak menyesal dikemudian hari dalam melakukan prose claim pada perusahaan asuransi, demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

0 Response to "10 tips sederhana memilih produk asuransi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel