Bingung Milih Prodi? Yuk Ambil Hukum Ekonomi Syariah Aja

Masa Sekolah Menengah Atas adalah masa penentuan antara mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu peguruan tinggi atau mau bekerja. Alasan yang sering keluar dari seseorang yang memutuskan bekerja adalah keterbatasan biaya untuk berkuliah. Padahal jika kita memiliki keinginan yang kuat untuk berkuliah maka bisa mencari beasiswa untuk meringankan orang tua kita. Biasanya di setiap perguruan tinggi terdapat beberapa jenis beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu.

Di setiap perguruan tinggi ada banyak sekali program-program studi yang ditawarkan. Salah satunya yaitu program studi HUKUM EKONOMI SYARIAH. Nah, apa itu program studi Hukum Ekonomi Syariah?. Menurut penulis yang merupakan lulusan dari prodi ini yaitu program studi yang memiliki prospek kerja yang lumayan besar. Karena dengan masuk di prodi ini kita akan belajar tentang ilmu fiqih, hukum, maupun ekonomi. Hukum Ekonomi Syariah sering disebut dengan muamalah. Fiqih muamalah adalah bagian dari aturan  petunjuk dalam berinteraksi sesama manusia, atau peraturan yang menyangkut hubungan kebendaan. Jadi setelah kita lulus dari prodi Hukum Ekonomi Syariah di harapkan mampu menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Kelebihan dari program studi ini selain mahasiswanya dibekali ilmu tentang cara bertransaksi sesuai dengan hukum ekonomi syariah juga terdapat ilmu hukum formal seperti hukum pidana dan hukum perdata. Mahasiswa juga akan mendapat mata kuliah kewirausahaan dengan disertai ilmu agama yang sangat manfaat bagi mahasiswanya agar dalam berwirausaha sesuai dengan syariat Islam dan selalu berhati-hati.

Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah akan selalu berpedoman pada Undang-Undang Dasar yang telah di tetapkan oleh Negara dan fatwa Dewan Syariah Nasional. Jika belum hafal tak perlu khawatir kita bisa membukanya. Jangan takut lagi ya untuk ambil program studi ini. Karena banyak sekali hal yang di dapat dari program studi ini.

Seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa program studi Hukum Ekonomi Syariah memiliki prospek kerja yang lebih besar, contohnya dapat menjadi hakim di Pengadilan Agama yang menangani kasus-kasus yang berkaitan tentang hukum Islam, menjadi advokat atau pengacara yang dapat membantu masalah hukum, legal officer yang sangat di butuhkan banyak kantor maupun perusahaan, dapat pula menjadi dosen, dan masih banyak lagi prospek kerja dari program studi ini.

Jadi bagi kalian yang baru lulus SMA atau yang mau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi yang masih bingung mau ambil program studi apa. Bisa jadi Hukum Ekonomi Syariah adalah pilihan yang tepat setelah membaca penjelasan penulis di atas. Dengan mengambil program studi ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang ekonomi, fiqih Islam dan hukum konvensional. Dan semoga menjadi langkah awal dari kesuksesan kalian.

Sekian penjelasan dari program studi Hukum Ekonomi Syariah ini, smeoga bermanfaat bagi pembaca semua.


0 Response to " Bingung Milih Prodi? Yuk Ambil Hukum Ekonomi Syariah Aja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel