Menghargai Suatu Keputusan Dan Bentuk – bentuk Keputusan Bersama

Menghargai Suatu Keputusan Dan Bentuk – bentuk Keputusan Bersama

Menghargai suatu keputusan dan bentuk-bentuk keputusan bersama. Menghargai keputusan merupakan hal yang terpenting dalam berdiskusi. Karena dengan menghargai keputusan berarti kita menghargai orang yang mengeluarkan pendapat atau pikirannya. Keputusan bersama merupakan keputusan yang melibatkan semua orang yang termasuk anggota dan memiliki kepentingan. Keputusan bersama dilakukan karena dalam suatu organisasi terdapat banyak orang. Didalam musyawarah kita harus saling menjaga kebersamaan dan menghargai keputusan orang lain, sehingga akan tercipta hal – hal yang diinginkan.

A. Keputusan

Keputusan merupakan sesuatu hal yang diputuskan atau diambil seseorang untuk dilakukannya. Putusan ini harus sudah ditetapkan berdasarkan pemikian dan penelitian yang matang. Keputusan yang diambil harus bermanfaat bagi suatu kelompok. Dalam mengambil keputusan harus mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan yang bersifat pribadi.
1. Keputusan pribadi (Individu)
Keputusan pribadi yaitu suatu keputusan yang diambil seseorang dimana sifatnya pribadi dan hanya untuk diri sendiri. Jika kita mengambil keputusan secara pribadi biasanya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, ketika kita hendak membeli sesuatu pasti kita mempertimbangkannya terlebih dahulu. Keputusan pribadi ini biasanya menyangkup kegiatan kita sehari – hari dan tentunya akan di ulang – ulang sepanjang hari. Keputusan ini merupakan hak seorang individu dan tentunya setiap individu berbeda – beda. Jika kita mnegambil keputusan hendaknya mempertimbangkannya secara matang – matang agar tidak menyesal di kemudian hari. Keputusan yang kita tetapkan akan menjadi tanggung jawab kita. oleh karena itu, berani mengambil keputusan berarti harus berani menanggung akibatnya diakhir.


2. Keputusan bersama

Keputusan bersama yaitu suatu keputusan yang diambil berdasarkan kesepakan bersama. Sifat keputusan bersama ini mengikat dan tidak dapat diganggu gugat. Keputusan bersama ini diambil untuk memutuskan sesuatu yang berguna bagi kepentingan orang banyak. Dan merupakan hasil dari musyawarah yang telah dipertimbangkan. Keputusan bersama itu lebih sulit dibandingkan dengan keputusan pribadi. Karena keputusan bersama itu banyak orang yang berpendapat sehingga akan menghasilkan suatu pendapat yang berbeda. Oleh karena itu, dalam mengambil keputusan bersama harus menghargai pendapat orang lain dan mengutamakan kepentigan bersama daripada kepentingan pribadi serta harus melaksanakan keputusan yang diambil dengan penuh tanggung jawab.


B. Bentuk – bentuk keputusan bersama

Dalam mengambil keputusan bersama ada beberapa hal yang harus dilakukan. Agar suatu keputusan diterima oleh anggota musyawarah. Yaitu bisa dengan melakukan voting ( suara terbanyak ) atau dengan yang lainnya. Bentuk – bentuk keputusan bersama yaitu sebagai berikut :

1. Keputusan mutlak para pemimpin

Keputusan mutlak para pemimpin yaitu cara yang dilakukan masyarakat untuk membuat keputusan yang masih tradisional. Karena masyarakat tradisional sangat menghormati orang yang dituakan atau sesepuh di suatu daerahnya dan mereka menganggap bahwa itu merupakan keputusan yang paling tepat. Seiring berjalannya waktu keputusan mutlak para pemimpin sudah mulai ditinggalkan.

2. Keputusan musyawarah mufakat
Musyawarah merupakan sesuatu hal yang membicarakan suatu persoalan guna menyelesaikan masalah agar mencapai suatu keputusan bersama. Sedangkan mufakat merupakan hasil dari keputusan bersama. Jadi musyawarah mufakat adalah proses membicarakan suatu persoalan yang dimana dilakukan secara bersamaan guna menyelesaikan masalah agar mencapai kesepakatan bersama. Musyawarah mufakat dilakukan dengan mendengarkan pendapat – pendapat yang berbeda – beda kemudian ditampung. Pendapat yang tepat akan disepakati bersama. Jika ingin musyawarah mufakat berjalan dengan baik maka harus memperhatikan prinsip – prinsip yaitu dalam menyampaikan pendapat dilakukan dengan santun dan menghargai pendapat lain.

3. Keputusan suara terbnayak (voting)
Keputusan yang ketiga yaitu dengan melakukan voting. Voting yaitu penentuan keputusan yang dilihat berdasarkan suara terbanyak. Voting dilakukan jika dengan musyawarah mufakat belum bisa diputuskan maka voting merupakan jalan terakhirnya. Voting dilakukan dengan jalur pemungutan suara terbanyak. Dalam melakukan voting satu orang harus satu suara.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang menghargai keputusan dan bentuk – bentuk keputusan bersama. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Menghargai Suatu Keputusan Dan Bentuk – bentuk Keputusan Bersama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel