Macam- macam Gejala Alam Yang Terjadi di Indonesia Dan Cara Menghadapinya

Macam-macam Gejala Alam Yang Terjadi di Indonesia Dan Cara Menghadapinya

Macam-macam gejala alam dan cara menghadapinya. Kehidupan manusia di bumi pasti tidak lepas dengan alam. Dimana berbagai kebutuhan manusia telah tersedia di alam. Dan di alam juga banyak manfaat bagi manusia. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan melestarikan alam kita. Agar tetap ada dan tidak rusak. Jika alam rusak manusia akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Di alam sering terjadi gejala alam. Gejala alam merupakan peristiwa alam yang terjadi di karenakan oleh faktor alam itu sendiri. Gejala alam ini akan merugikan manusia yang disebut bencana alam. Gejala alam ini datangnya tidak dapat diperkirakan. Gejala alam tidak hanya disebabkan oleh alam itu sendiri namun bisa disebabkan karena ulah manusia.

A. Macam – macam gejala alam

Ada banyak macam – macam gejala alam di Indonesia. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Gempa bumi Gempa bumi adalah getaran yang terjadi pada lapisan kerak bumi dikarenakan adanya tenaga dari dalam bumi. Kekuatan gempa dapat diukur dengan seismograf. Seismograf yaitu alat pencatat kekuatan gempa. Besar kecilnya ukuran gempa dapat menggunakan skala Richter. Gempa bumi ini dapat menimbulkan gelombang pasang air laut menjadi sangat besar. Namun tidak semua akan menimbulkan hal seperti itu. Gelombang pasang air laut disebabkan karena adanya gempa didasar laut yang sering di sebut dengan tsunami. 2. Gunung meletus Gunung meletus yaitu aktivitas gunung api mengeluarkan material yang berasal dari dalam perut bumi ke permukaan bumi. Gunung yang meletus akan mengeluarkan magma dari dalam bumi. Magma adalah cairan panas yang berasal dari dalam bumi. Gunung yang bisa meletus yaitu gunung yang masih aktif. Meletusnya gunung api ini akan sangat berbahaya. Magma yang keluar akan menimbulkan kerusakan dan keselamatan makhluk hidup. Namun setelah gunung meletus tanah daerah pegunungan akan cocok untuk pertanian. Karena setelah terjadi gunung meletus akan turun hujan, abu dan lahar yang keluar akan menyuburkan tanah.

3. Banjir Banjir yaitu genangan air yang sangat deras dan tingginya melebihi tingkat normal. Banjir bisa disebabkan karena faktor alam dan juga bisa karena perilaku manusia. Banjir yang sangat membahayakan makhluk hidup yaitu banjir bandang. Karena banjir bandang terjadi secara tiba – tiba dan bisa menghayutkan. Penyebabkan banjir yaitu curah hujan yang tinggi sedangkan keadaan alam yang rusak. 4. Angin topan Angin topan yaitu pusaran angin yang sangat kencang dengan kecepatan yang tinggi. Angin ini terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara antara 2 daerah yang saling berdekatan. Angin ini biasanya terjadi pada pergantian musim. Angin topan yang berhembus dengan kecepatan tinggi akan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan.

B. Cara menghadapi gejala alam

Agar tidak menimbulkan banyak korban akibat bencana – bencana alam. Maka perlu antisipasi dalam menghadapinya. Cara – cara mengahadapi gejala alam yaitu sebagai berikut :
  1. Cara menghadapi gempa bumi yaitu mencari tempat yang lebih tinggi bagi yang tinggal di daerah pantai agar terhindar dari tsunami, mencari tanah yang terbuka dan berlindung di tempat – tempat yang aman.
  2. Cara menghadapi tsunami yaitu mencari tempat perlindungan yang lebih tinggi seperti bukit atau yang lainnya.
  3. Cara menghadapi tanah longsor yaitu dengan cara reboisasi, penanaman pohon dan mencegah penebangan secara liar.
  4. Cara mencegah banjir yaitu membuat bendungan didaerah yang sering terjadi banjir dan membersihkan sampah di saluran air.


Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang gejala alam yang terjadi di Indonesia dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Macam- macam Gejala Alam Yang Terjadi di Indonesia Dan Cara Menghadapinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel