Cara Mengatasi Power window macet dan Ngadat

Cara Mengatasi Power window macet dan Ngadat.


Mengatasi Power window macet dan Ngadat. Power window adalah komponen penting yang terpasang pada pintu mobil, dimana tugas dari power window adalah mengatur buka atau tutup pada jendela mobil tersebut melalu tombol yang sudah diatur sedemikian rupa, Untuk itu Power Window harus dalam keadaan fit dan selalu dapat beroperasi sesuai dengan keadaan yang dibutuhkan, kapan harus menutup jendela maupun kapan harus menutupnya, Perawatan power window memang tidak terlalu rumit, namun anda harus sekali-kali mengontrol keadaan dan cara kerja dari Power window. Power window yang dalam keadaan baik harus dapat menggerakan jendela mobil yang berupa kaca-kaca agar dapat bergerak halus naik dan turun tanpa adanya hambatan

Mengatasi Power window macet dan Ngadat


Usia kendaraan memang berpengaruh juga terhadap kondisi Power Window, untuk mobil keluaran 5 tahun terakhir mungkin masalah ini jarang ditemukan, sehingga anda yang memiliki mobil keluaran 5 tahun terakhir akan sedikit lega karena tidak atau jarang menemui permasalahan Power window macet. terus bagaimana dengan mobil keluaran 10 tahun yang lalu atau lebih, berbagai permasalahan pasti akan muncul, sehingga anda harus rajin merawat dan mengontrol berbagai macam part yang mendukung kinerja mobil anda, sehingga tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan pada saat perjalanan.
Sebagai contoh adalah masalah Power Window, sebenarnya sepele saja permasalah ini, namun akan menjadi ribet dan merepotkan pada saat kita membutuhkan Window atau jendela itu untuk ditutup atau dibuka, misalnya anda membutuhkan untuk membuka Power Window pada waktu hendak memarkir kendaraan di malam hari, sedangkan kaca film full yang terpasang pada kaca window mempunyai transparency 90%, bayangkan saja anda hendak memarkir kendaraan dengan cara mundur di malam hari dengan pencahayaan yang minim, otomatis anda pasti akan membuka kaca window mobil anda agar dapat melihat spion untuk mengontrol keadaan belakang, nah,, pada saat yang anda butuhkan ini tiba-tiba Power Window mobil anda macet dan tidak bisa diturunkan, bagaimana anda dapat memarkir mobil ? pasti akan sangat merepotkan. berikut ini akan saya paparkan beberapa kondisi yang muncul sehingga mengakibatkan Power Window tidak berfungsi dengan maksimal.


Trouble Shooting Power Window



  1. Semua Jendela tidak bekerja secara Simultan.
    • Ketika semua jendela tidak bekerja hal ini mungkin dapat di deteksi dengan melihat dan mengecek langsung ke Sekering utama dan Relay yang mengontrol Power window. Jika semua keadaan sekering dan Relay baik, anda dapat melanjutkan untuk memeriksa pada bagian Power yang terdapat pada switch yang diletakan pada pintu pengemudi dalam bentuk Master Switch.
      master switch power window
      Cara Mengatasi Power window macet dan Ngadat
    • Umumnya kegagalan untuk menggerakan Power Window terjadi pada komponen Master Switch, sehingga jika semua jendela tidak dapat bekerja secara bersamaan, anda wajib mencurigai kinerja Master Switch Power Window
  2. Satu Jendela tidak dapat membuka atau menutup.
    • Jika terjadi kasus seperti ini, mungkin upaya untuk mengecek sekereing dapat anda abaikan, karena kebanyakan yang terjadi pada kasus jendela tidak dapat bekerja hanya pada salah satu pintu, biasanya disebabkan oleh, motor power window, door switch, regulator atau relay yang terdapat pada pintu yang power window macet
    • Biasanya dalam kasus ini, anda tidak akan mendengar suara apa pun yang daatang dari pintu tersebut, saat anda menekan tombol power window pada pintu yang bersangkutan.
    • Untuk itu anda harus melakukan test pada beberap komponen power window yang terdapat pada jendela tersebut.
    • Motor Power Window : Anda dapat melakukan test langsung pada motor power window dengan cara melepas semua konektor yang terhubung ke motor power window tersebut, selanjutnya, kabel yang langsung menuju power window tersebut kita jumper aliran listrik dari Battery secara langsung, dimana masing-masing kutub, yaitu kutub (-) dan kutub (+) dapt langsung anda hubungkan dengan motor power window tersebut.Jika Motor dapat berputar, hal ini menandakan tidak terjadi permasalahan pada motor Power Window tersebut, namun jika motor masih juga tetap macet atau tidak dapat berputar, anda perlu memeriksa lebih lanjut motor tersebut dengan cara membongkarnya.
    • Relay dan sambungan Kabel : ini juga komponen yang vital dalam mengalirkan aliran listrik pada sebuah sistem, karena biasanya pada relay atau sambungan kabel sering terjadi hubungan terbuka (ngepong = bahasa jawa, red), atau bahkan lost tegangan, sehingga listrik tidak dapat menjangkau motor power window. anda dapat mengecek langsung ke sambungan kabel antara Motor side dan harness side
    • Jika setelah anda diagnosa, ternyata menemukan Relay dalam keadaan tidak bekerja atau rusak, maka langkah selanjutnya adalah anda harus mengganti relay tersebut, yang menjadi permasalahan, biasanya relay power window tidak terdapat nomor kaki sebagai keterangan arah pengkabelan, untuk itu anda harus mencatat diagram pengkabelan pada skema power window pada jendela tersebut, yang perlu anda persiapkan adalah.
      • Relay dengan 5 kaki (85, 86, 87, 87a, dan 30) 2 buah
      • Konektor relay 2 buah
      • harga relay per 2015 adalah sekitar Rp. 35.000,-
      • harga konektor per 2015 adalah sekitar 10 ribu
      • Skema pemasangannya lihat gambar dibawah ini.
        skema relay power window
        Cara Mengatasi Power window macet dan Ngadat
      • Penjelasan ;
      • Pin 30 = menuju ke motor power window
        pin 85 = menuju ground
        pin 86 = menuju switch power window ujung1
        pin 86 = menuju switch power window ujung2
        pin 87 a = menuju ground

        pin 87 = Menuju sumber listrik Battery 12 Volt
    • Power Window Switch : untuk melakukan test pada power window switch, anda harus sedikit memahami tentang logika switch itu bekerja, perhatikan gambar dibawah ini untuk memahaminya.
      power window switch
      Cara Mengatasi Power window macet dan Ngadat
    • Gambar switch diatas adalah dalam posisi switch netral atau tidak bekerja untuk menggerakn atau menurunkan, dengan sedikit memahami gambar diatas, maka anda dapat melakuakn test apda switch power window. sehingga nany=tinya anda dapat menyimpulkan switch power window tersebut bekerja atau tidak.
  3. Membersihkan trek power window
    • Sebagai langkah terakhir pengecekan adalah membersihkan trek lintasan kaca power window, biasanya pada tempat ini terdapat kotoran atau debu yang mengakibatkan kaca power window untuk terhambat kerjanya.
Demikian artikel tentang mengatasi power window yang macet dan ngadat, selamat mencoba, semoga berhasil.

0 Response to "Cara Mengatasi Power window macet dan Ngadat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel