[Artikel Lengkap] Berbagai Macam Jenis Rawa

[Artikel Lengkap] Berbagai Macam Jenis Rawa


Berbagai macam jenis rawa. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rawa. Istilah rawa tidak asing lagi di telinga kita bahkan ada sebagian dari kita sudah ada yang pernah melihatnya. Rawa merupakan dataran rendah yang tergenang oleh air baik berasal dari air hujan, air tanah maupun dari aliran air permukaan yang menggumpal. Rawa sendiri memiliki banyak jenisnya dan ukurannya pun berbeda-beda, ada yang berukuran kecil maupun yang berukuran sangat besar. Rawa mengandung air sama halnya dengan danau maupun sungai yang sama-sama mengandung air tetapi ada sedikit perbedaan yang dimiliki rawa. Selain tergenang air, rawa juga bertanah lumpur dengan kadar air relatif lebih tinggi. Nah, untuk lebih jelasnya tentang rawa simaklah artikel ini hingga selesai.

Ciri-Ciri Rawa

Rawa memiliki bentuk yang hampir sama dengan danau dan sungai, tetapi rawa memilki ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan danau dan sungai. Ciri-ciri rawa di antaranya :

  1. Umumnya air rawa bersifat asam
  2. Air rawa memiliki warna merah
  3. Air rawa kurang baik jika digunakan untuk mengairi tanaman
  4. Pada bagian dasar rawa terdapat gambut yang sangat banyak

Manfaat Rawa

Sebenarnya rawa memiliki banyak manfaat yang dapat digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya rawa pantai dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan ikan tambak dan untuk pengairan persawahan pasang surut. Rawa dimanfaatkan sebagai tempat pembudidaya berbagai jenis ikan tertentu. Rawa dapat dimanfaatkan sebagai tempat pengendalian banjir, contohnya jika wilayah perkotaan mengalami banjir maka air dapat dialirkan menuju rawa sehingga dapat mengurangi masalah banjir. Daerah rawa juga bermanfaat untuk dijadikan tempat wisata. Rawa juga sebagai sumber pembangkit listrik. Dalam memanfaatkan daerah rawa-rawa yang cukup luas, pemerintah mencoba untuk menjadikan lokasi pemukiman serta lahan pertanian bagi transmigran.

Macam-Macam Rawa

1. Dilihat dari Genangan Airnya

Dilihat dari genangan airnya, rawa dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :

a. Rawa yang airnya selalu tergenang

Tanah yang selalu tergenang air pada daerah rawa tidak dapat dimanfaatkan untuk lahan pertanian sebab lahan atau tanahnya tertutup oleh gambut yang sangat tebal. Rawa yang airnya selalu tergenang memiliki air yang bersifat sangat asam sehingga tidak ada satupun organisme yang dapat hidup di rawa ini.

b. Rawa yang airnya tidak selalu tergenang
Rawa yang airnya tidak selalu tergenang ini dapat menampung air tawar yang berasal dari limpahan air sungai pada saat air laut pasang. Ketika air laut surut, airnya relatif mengering sehingga airnya selalu mengalami pergantian. Keasaman tanah yang dimiliki juga tidak terlalu tinggi sehingga dapat digunakan untuk areal sawah.

2. Dilihat dari Kandungan Airnya

Dilihat dari kandungan airnya, rawa dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu :

a. Rawa air tawar

Rawa air tawar ini airnya tidak mengalami pergerakan. Rawa jenis ini biasanya  berada di hutan-hutan yang lokasinya dekat dengan aliran sungai. Umumnya, air rawa ini bersifat asam sebab banyak sisa-sisa makhluk hidup yang telah membusuk.

b. Rawa air asin
Rawa air asin ini airnya dapat mengalami pergerakan sehingga dapat tergantikan. Biasanya rawa ini berada di wilayah dekat pantai. Air rawa ini bersifat tidak terlalu asam.

c. Rawa air payau
Rawa air payau ini merupakan rawa yang berisi campuran antara air tawar dan air asin. Biasanya rawa jenis ini berada di dekat muara sungai. Airnya dapat mengalami pergerakan sehingga dapat tergantikan. Air rawa ini bersifat tidak terlalu asam.

3. Dilihat dari Kondisi Air dan Tumbuh-Tumbuhan yang Hidup

Dilihat dari kondisi air dan tumbuh-tumbuhan yang hidup, rawa dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu :

a. Rawa swamp
Rawa swamp merupakan lahan basah yang selalu digenangi oleh air dengan berbagai jenis tumbuhan yang hidup seperti lumut, rumput-rumputan, semak-semak dan tumbuhan jenis pohon.

b. Rawa marsh

Rawa marsh merupakan lahan basah yang sama seperti rawa swamp tetapi tumbuhannya didominasi oleh jenis lumut-lumutan, rumput-rumputan serta alang-alang.

c. Rawa bog

Rawa bog merupakan lahan basah yang permukaan tanahnya relatif kering tetapi lahan bagian dalamnya penuh air atau bersifat basah dan jenuh air. Genangan yang dangkal hanya dapat terlihat di beberapa tempat.

d. Rawa pasang surut

Rawa pasang surut merupakan rawa yang memiliki jumlah kandungan airnya selalu berubah-ubah atau pasang surut dikarenakan adanya pengaruh pasang surutnya air laut. Tumbuhan yang dapat hidup subur di rawa ini adalah tumbuhan bakau.

Demikianlah artikel tentang berbagai macam jenis rawa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat membaca..

1 Response to "[Artikel Lengkap] Berbagai Macam Jenis Rawa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel